Saturday, May 12, 2018

Tips & Trik Pandai Berkomunikasi Didepan Umum (Public Speaking)

Posted by Nurkolis on May 12, 2018 in | 1 comment

Assalammualaikum Wr.Wb

kali ini, admin akan memberikan Tips&Trik bagaimana cara agar kita pandai dalam berkomunikasi dihalayak ramai seperti memberikan materi,seminar atau hanya sekedar sharing-sharing saja. Seperti yang kita ketahui untuk berbicara didepan halayak umum banyak sekali orang yang masih grogi atau takut dalam menyampaikan sebuah pembicaraan karena kurangnya jam terbang orang tersebut yang membuat mereka terkesan masih kurang Percaya diri. Sebelum kita membahas bagaimana Tips&Triknya, kita harus tau apa itu pengertian dari Berbicara di depan Umum.

Berbicara di depan umum merupakan salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh pembicara untuk mampu menarik perhatian audiens. Untuk menarik perhatian audiens, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pembicara selain persiapan materi yang matang, yaitu:
  1. Mempersiapkan mental dengan baik, yakni dengan memahami kondisi ruangan dan psikologis audiensnya.
  2. Berlatih dengan baik dan teratur di depan cermin, dengan maksud agar pembicara mampu melihat mimik dan ekspresi mukanya.
  3. Menyesuaikan penampilan fisik sebelum tampil di atas panggung.
  4. Berupaya untuk menjadi diri sendiri.
  5. Menyelipkan humor-humor atau cerita lucu di antara pembicaraan yang disampaikan, sehingga pendengar tidak merasa bosan.
Nah berikut ini adalah Tips & Triknya.

1. Perbanyak Kosa kata atau membaca
Untuk berbicara kita harus memiliki kosa kata yang cukup agar saat kita menyampaikan sebuah materi kita tidak terkesan seperti orang yang baru belajar berkomunikasi. Perbanyaklah membaca buku agar pengetahuan kita tentang ragam kata dan bahasa itu cukup memadai yang mendukung kualitas pembicaraan kita dihalayak umum dan berusaha lah mempelajari kata-kata yang mudah dipahami, agar audiens mudah mengerti apa yang disampaikan.

2. Berlatih Berbicara Dalam Hati

Setelah kita mempelajari Kosa kata. Saatnya kita mencoba merangkai kata-kata itu didalam hati dan seakan-akan kita sedang menyampaikan materi didepan halayak umum atau bisa disebut berimajinasi, hal ini sangat efektif dilakukan sebelum kita beranjak untuk tidur.

3. Berlatih Berbicara Didepan Kaca
Agar kita tau apa yang menjadi kekurangan saat melakukan pembicaraan dan sekaligus menambah rasa percaya diri coba berlatih berbicara Didepan Kaca,karena dengan melakukan hal ini kita bisa tau bagaimana cara untuk menambah percaya diri dan coba lakukan pembicaraan dengan gerak tubuh untuk menghindari kesan grogi, entah dengan gerakan tangan atau berjalan dalam menyampaikan sebuah materi.

4. Mempersiapkan Materi Jauh-Jauh Hari

Setelah kita memiliki kepercayaan diri untuk berbicara dihalayak ramai. Kita harus mempersiapkan Materi yang ingin kita sampaikan Jauh-jauh hari, agar kita lebih siap saat performa berbicara nantinya. Usahakan melakukan beberapa kali percobaan berbicara didepan kaca dan rekam pembicaraan tersebut, setelah itu dilakukan coba lihat apa yang kurang dari pembicaraan itu entah bahasanya atau penampilannya yang masih terkesan grogi atau tidak percaya diri. Perbaiki apa yang menjadi kekurangan kita, agar kita bisa maksimal nantinya saat menyampaikan materi yang sesungguhnya.

5. Latih Mental Berbicara Didepan Hayak Umum

Nah tahap ini berfungsi untuk melatih mental kita agar berani menyampaikan sebuah materi dan juga menambah jam terbang kita. Dalam hal ini kita harus terbiasa untuk berbicara didepan orang banyak sehingga kita terkesan enjoy atau menikmati sebuah pembicaraan. Kemudian Asah terus kemampuan komunikasi kita dengan melakukan sharing atau berbagi kepada teman. Ikutilah program Ekstrakulikuler yang ada disekolah maupun Universitas, karena kalau kita terbiasa berorganisasi secara tidak langsung kemampuan berbicara kita akan terAsah sendiri dan semakin hari semakin baik. 

Nah, itulah sedikit Tips&Trik Pandai Berkomunikasi didepan Umum yang dapat admin sampaikan. Intinya teruslah belajar dan berusaha, karena semua itu butuh proses agar kita mendapatkan hasil yang terbaik. Kurang lebihnya mohon maaf, apabila ada pertanyaan silahkan Corat-coret dikolom komentar.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Berbicara_di_depan_umum

1 comment: