Friday, March 23, 2018

Sejarah Singkat Pramuka Di Dunia

Posted by Nurkolis on March 23, 2018 in | 5 comments

Assalammualaikum Wr.Wb

Kali ini admin akan memberikan sebuah Informasi tentang Sejarah Pramuka di Dunia dan Di indonesia, sebelum kita membahas tentang sejarahnya, Mari kita Ulas apa sih Pramuka itu, Pastinya kita sudah mengetahui salah satu Ekstrakulikuler pramuka ini disekolah yang tak asing lagi ditelinga kita. Untuk lebih lanjut berikut Ulasnya.

Sejarah Pramuka – Pramuka merupakan singkatan berasal dari praja muda karana, yang memiliki makna rakyat muda yang senang berkarya. Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilakukan di Indonesia.

Sedangkan pengertian Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan bersama keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Pendidikan kepanduan merupakan sistem pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga didalam wujud kesibukan menarik.
Serta menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka bersama Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

Sejarah Pramuka di Dunia 


Pramuka adalah istilah yang hanya digunakan di Indonesia, sedangkan di dunia dikenal dengan Scout. Gerakan yang juga disebut dengan Scouting atau juga Scout Movement ini memiliki tujuan untuk mengembangkan perkembangan pemuda baik secara fisik, mental maupun spiritual.

Sejarah Pramuka di dunia sendi bermula pada 25 Juli 1907 saat Lord Robert Baden Powell pada saat itu sebagai Letnan Jenderal tentara Inggris untuk perdana mengadakan perkemahan pramuka di Pulau Brown Sea, Inggris selama 8 hari.




Setelah itu pada tahun 1908 Baden Powell menulis sebuah buku tentang prinsip dasar kepramukaan “Scouting for Boys” yang memiliki arti Pramuka Untuk Anak Laki-laki. Di tahun 1912 dengan bantuan dari adik perempua Baden Powell yang bernama Agnes, maka terbentuklah pramuka untuk perempuan dengan sebutan “Girls Guides”.


Organisasi kepramukaan perempuan ini dilanutkan oleh istri Baden Powell. Setelah itu pada tahun 1916 didirikanlah kelompok pramuka siaga dengan nama CUB (Anak Serigala). Pedoman kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan pada sebuah buku yang memiliki judul “The Jungle Book” karangan Rudya Kipling.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1918, Baden Powell kembali membentuk Rover Scout, yaitu organisasi untuk pemuda yang sudah berusia 17 tahun. Berselang 4 tahun setelah itu  tepatnya pada tahun 1922, Baden Powell menerbitkan buku yang berjudul “Rovering To Success”, buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju pantai yang bahagia.

Tahun 1920 dibentuk WOSM atau World Organization of the Scout Movement (Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia). Sekretariat (kantor pusat WOSM) disebut World Scout Bureau (Biro Pramuka Dunia). Biro Pramuka Dunia pertama kali berlokasi di London, Inggris. Pada tahun 1958 dipindah ke Ottawa Kanada dan tahun 1968 dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.

World Scout Bureau dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal Biro Pramuka Dunia. Saat ini Sekretaris jenderal WOSM dijabat oleh Scott Teare.

Biro Kepramukaan sedunia mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Kawasan Afrika, berkantor di Nairobi, Kenya; Kawasan Arab, berkantor di Kairo, Mesir; Kawasan Asia Pasifik, berkantor di Manila, Filipina; Kawan Eurasia, berkantor Kiev, Ukraina; Kawasan Eropa, berkantor di Jenewa Swiss; dan Kawasan Inter-Amerika, berkantor di Panama City, Panama.

Indonesia bergabung menjadi anggota WOSM sejak tahun 1953. Selain WOSM, di dunia juga terdapat beberapa organisasi kepramukaan lainnya seperti WAGGGS (World Association of Girl Guides and Girl Scouts atau Asosiasi Kepanduan Putri Sedunia).

Jambore Dunia



Pada tahun 1920, merupakan tahun yang paling berpengaruh dalam sejarah pramuka, dimana pada ditahun tersebut merupakan untuk pertama kalinya diadakan Jambore di dunia. Selain itu pada tahun tersebut juga dibentuk Dewan Internasional pramuka yang beranggotakan 9 orang biro dan biro berpusat di London.

Pelaksanaan Jambore dunia selanjutnya:

Tahun 1924 ke II, jambore dilaksanakan di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
Tahun 1929 ke III jambore dilaksanakan di Arrow Park, Birkenhead, Inggris
Tahun 1933 ke IV jambore dilaksanakan di Godollo, Budapest, Hongaria
Tahun 1937 ke V jambore dilaksanakan di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
Tahun 1947 ke VI jambore dilaksanakan di Moisson, Prancis
Tahun 1951 ke VII jambore dilaksanakan di Salz Kamergaut, Austria
Tahun 1955 ke VIII jambore dilaksanakan di Sutton Park, Sutton coldfild, Inggris
Tahun 1959 ke IX jambore dilaksanakan di Makiling, Philipina
Tahun 1963 ke X jambore dilaksanakan di Marathon, Yunani
Tahun 1967 ke XI jambore dilaksanakan di Idaho, Amerika Serikat
Tahun 1971 ke XII jambore dilaksanakan di Asagiri, Jepang
Tahun 1975 ke XIII jambore dilaksanakan di Lillehammer, Norwegia
Tahun 1979 ke XIV jambore dilaksanakan di Neishaboor, Iran (tetapi dibatalkan)
Tahun 1983 ke XV jambore dilaksanakan di Kananaskis, Alberta, Kanada
Tahun 1987 ke XVI jambore dilaksanakan di Cataract Scout Park, Australia
Tahun 1991 ke XVII jambore dilaksanakan di Korea Selatan
Tahun 1995 ke XVIII jambore dilaksanakan di Belanda
Tahun 1999 ke XIX jambore dilaksanakan di Chili, Amerika Serikat
Tahun 2003 ke XX jambore dilaksanakan di Thailand

Itulah Sejarah singkat dari Gerakan Pramuka Di Dunia semoga artikel ini bermanfaat bagi Pembaca sekalian dan bisa menambah wawasan dan Semangat Jiwa Pramuka Rekan-rekan. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Wassalammualaikum Wr.Wb

Referensi : https://pramuka.or.id/sejarah-pramuka-dunia-2/

5 comments:


  1. Ass wr.wb...
    Bermanfaat banget ini untuk anak² dlm pembelajaran Pramuka. SEJARAH PRAMUKA DI DUNIAπŸ‘. Mantuuulll!!! Makasih banyak yah...πŸ™πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    ReplyDelete
  2. Panjang banget,katanya singkat.

    ReplyDelete
  3. Ko panjang katanya singkat,kemaren aja tangan ku hampir patah cuma karna suruh tulis sejarah indonesia di jajah sama,portugis,belanda kesel deh😭😭😭

    ReplyDelete